Sabtu, 21 Maret 2015

Gua Batu Cermin, Nusa Tenggara Timur


Batu Cermin, sebenarnya adalah sebuah terowongan atau gua di bukit batu yang gelap di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Flores, Nusa Tenggara Timur. Sinar matahari masuk ke dalam gua melalui lubang dan kemudian memantul di dinding batu yang seolah-olah merefleksikan cahaya kecil ke area lain di dalam gua seperti sebuah cermin. Itulah sebabnya tempat ini disebut batu cermin. Gua ini terletak di sebelah timur pelabuhan Labuan Bajo sekitar empat kilometer dari pusat kota. Gua ini memiliki hutan di mana Anda dapat menemukan kera ekor panjang dan babi hutan. Biro perjalanan menjual paket wisata ke Batu Cermin sebagai bagian dari program tur kota Labuan Bajo.


AKOMODASI
Labuan Bajo memiliki banyak penginapan untuk backpacker, juga memiliki hotel-hotel mahal dan mewah.

TIPS
Pastikan bahwa Anda membawalotion anti-nyamuk dan obat-obatan anti-malaria, karena Labuan Bajo merupakan daerah endemis malaria. Bawa juga krim anti sinar matahari, topi, dan kacamata hitam, karena cuaca sangat panas di sini selama musim kemarau. Anda juga dapat membeli di supermarket di kota atau di toko hotel.


BERBELANJA
Anda dapat membeli suvenir di kios dan toko-toko di Labuan Bajo, khususnya di Jalan Yos Sudarso. Di sana, Anda dapat menemukan kain ikat lokal dan kain songket tenun, dan patung kayu komodo. Pedagang asongan juga menjual kalung mutiara, hasil budidaya mutiara yang tidak sempurna.

BERKELILING
Anda dapat mengunakan mobil sewaan atau mobil travel dari bandara Labuan Bajo ke setiap tempat di daratan Flores. Tingkat harga tergantung pada negosiasi Anda, tetapi saat ini harga sebesar Rp 500.000 per hari. Hotel tempat Anda menginap dapat membantu Anda menemukan sebuah mobil sewaan. Untuk perjalanan Anda dalam kota, bemo (angkutan umum tradisional) dan taksi motor yang tersedia,  hanya beroperasi sampai pukul 21:00. Jika Anda ingin mengunjungi pulau-pulau terdekat, seperti ke Taman atau Rinca, Anda dapat menyewa kapal motor daspeedboat yang tersedia di pelabuhan.


KULINER
Hotel-hotel biasanya memiliki restoran sendiri. Restoran Gardena (di Hotel Gardena), misalnya, adalah restoran favorit. Di sini, Anda dapat menemukan berbagai jenis makanan Eropa dan Indonesia. Terkenal dengan ikannya yang manis & asam (Kerapu atau ikan tuna) dan pemandangan yang menakjubkan saat matahari terbenam. restoran lainnya antara lain adalah Paradise Bar dan Pub (dekat Golo Hilltop), Arto Moro, dan Matahari (Paradise dan Matahari memiliki pemandangan indah saat matahari terbenam).


TRANSPORTASI
Setiap hari, ada 2-3 penerbangan dari Bali ke Labuan Bajo oleh TransNusa, IAT (Indonesia Air Transport), dan Merpati. Selain itu, ada dua kali penerbangan seminggu dari Kupang. Perahu motor antar pulau dari Sape di Nusa Tenggara Barat juga tersedia setiap hari (bila cuaca memungkinkan) dan kapal Pelni dari Bali dan Lombok berhenti di sini setiap dua minggu.


KEGIATAN
Hampir semua tempat menarik di Labuan Bajo terletak di pulau-pulau yang menghadap ke pelabuhan ini. Kebanyakan pulaunya kosong dan Anda dapat pergi ke sana untuk berjemur, menyelam atau snorkeling. Pulau Bidadari memiliki pantai yang indah untuk berjemur. Lautnya cocok untuk snorkeling dan menyelam. Kepulauan Kanawa dan Pulau Kukusan Kecil juga cocok untuk snorkeling dan menyelam. Selain itu, pulau Serayu juga memiliki pasir putih dan karang yang indah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar