Senin, 23 Maret 2015

Benteng Makes, Nusa Tenggara Timur

Di Gunung Makes, terhampar rerumputan hijau dilengkapi kaktus dengan bunga berwarna-warni. Kesunyian yang menawan ini lebih banyak disinggahi hewan ternak termasuk kuda untuk mengisi perutnya hingga kenyang. Padahal, tidak jauh dari hamparan rumput hijau tersebut berdiri sebuah benteng yang patut Anda kunjungi selama di Belu. Wilayah berbukit kecil yang tidak ternama tersebut berlokasi di Desa Dirun, Kecamatan Lamaknen, Kabupaten Belu, NTT. Sebuah tempat di ketinggian yang sempurna untuk melototi indahnya Matahari terbenam dibonusi Pantai Motadikin menawan terbentang di hadapan. 


Benteng Makes masih berdiri rapih dan terlihat terawat dengan mempertahankan kealamiannya. Di sini juga akan Anda lihat beberapa makam tua. Dahulu bukit tersebut memiliki peran penting sebagai salah satu titik pertahanan sehingga didirikanlah sebuah benteng pertahanan. Tidak tanggung-tanggung benteng ini disusun 7 lapis pintu masuk dan lorong-lorong jalan keluarnya di belakang benteng. Benteng Makes menurut cerita masyarakat setempat sudah ada sebelum penguasaan Portugis dan beberapa kali berpindah tangan sampai akhirnya dijaga oleh 3 pahlawan lokal dai 3 suku lokal yaitu suku Loos, suku Sri Gatal, dan suku Monesogo. Juru kunci benteng ini bernama Andreas Malimanek (78 tahun). Beliau dapat bercerita kepada Anda kisal lain di balik benteng ini. Termasuk hal-hal bersifat mitologis-legendaris yang diyakini masyarakatnya. Masyarakat setempat juga masih memanfaatkan benteng ini untuk berdoa.


TRANSPORTASI
Benteng Makes berada di Desa Dirun, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur. Untuk menuju lokasi maka Anda dapat mengaksesnya melalui Atambua yang berjarak sekitar 26 km dengan kendaraan pribadi atau sewaan yang cukup siap untuk medan sedikit menantang karena berada di atas gunung sehingga jalanan berupa batuan kerikil belum beraspal. Anda juga dapat memanfaatan ojek untuk sampai ke Benteng Makes dengan ongkos Rp100.000,- Kabupaten Belu sendiri merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Timur dengan ibukotanya Atambua. Berada di sebelah timur Flores dengan berbatasan dengan Selat Ombai, sebelah Selatan berbatasan dengan Laut Timor. Kabupaten ini  sebelah timur berbatasan langsung dengan Timor Leste dan di sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) dan Timor Tengah selatan (TTS).


KULINER
Setidaknya Anda perlu mengetahui beberapa jenis makanan khas Nusa Tenggara Timur sekadar menyesuaikan dengan selera. Se'i babi merupakan makanan khas NTT yang mudah Anda temukan di jalan-jalan. Makanan ini dapat Anda tebak asal dagingnya dari hewan apa. Dimasak dengan cara diasap dan dicampur dengan rempah-rempah serta garam. Cicipi lawar,  yaitu sambal khas Nusa Tenggara Timur yang terbuat dari cabai, bawang, garam, dan sarden mentah. Ada pula makanan penutup yaitu catemak jagung yang rasanya asin yang terbuat dari jagung, labu lilin, dan kacang hijau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar