Senin, 16 Maret 2015

Desa Sembalun Lawang, Nusa Tenggara Barat


Sembalun Lawang adalah sebuah desa kecil yang berlokasi di sebelah utara kaki Gunung Rinjani. Desa kecil yang indah di ketinggian sekira 1.156 m ini menyuguhkan pemandangan alam yang indah sekaligus menjadi salah satu jalur populer titik awal pendakian ke Gunung Rinjani (3.726 m dpl). Selain Desa Sembalun Lawang, Desa Senaru adalah pintu gerbang lainnya untuk mencapai kemegahan Gunung Rinjani yang berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Desa Sembalun Lawang yang bersuhu sejuk menjadi favorit sebagai titik awal pendakian karena membuat pendaki dapat menghemat energi dan waktu untuk mencapai puncak Gunung Rinjani. Dalam perjalanan menuju desa ini selama kurang lebih 4 jam dari Mataram, Anda akan disodori pemandangan alam hijau permai berlatar Gunung Rinjani yang gagah. 


Perjalanan dari Kota Mataram menuju Sembalun melewati jalan aspal yang berkelok-kelok, hutan, ladang pertanian, dan bahkan pemadangan laut Gili Trawangan dari kejauhan. Ladang-ladang pertanian terhampar apik, ditanami sayur-sayuran betingkat-tingkat. Nuansa pedesaan kental terasa terutama saat melihat petani melakukan aktivitas mereka dengan cara tradisonal. Setibanya di Desa Sembalun, pemandangan alam yang lain sudah menunggu untuk dikagumi. Selain hijau oleh pepohonan dan vegetasi pegunungan, desa ini nyaris dikelilingi oleh megahnya tebing-tebing batu yang kemiringannya nyaris mencapai 90 derajat. Dinding batu ini adalah hasil pembekuan materi letusan atau lava yang dimuntahkan Gunung Rinjani ratusan tahun lalu.  Di beberapa bagian, tampak lumut dan rerumputan melapisi batuan tersebut menambah pesona kecantikannya. Udara segar pegunungan akan memenuhi paru-paru Anda. Sungguh nuansa dan pemandangan alam tropis yang eksotis dan berkesan.


KEGIATAN
Selain menyimpan pesona dan keindahan panorama alam, sebagai pintu masuk memulai pendakian Gunung Rinjani, Desa Sembalun Lawang memiliki peran penting sebagai tempat singgah dan mengumpulkan tenaga sebelum menantang diri menaklukkan Gunung Rinjani. Di desa ini pula terdapat Posko Rinjani Information Center (RIC) Sembalun, yaitu pusat informasi dan juga tempat pendaftaran bagi para pendaki. Penginapan danhomestay juga banyak terdapat di desa ini. Selain itu, porter handal yang dapat merangkap sebagai koki siap mengantar ke Puncak Rinjani atau ke Danau Segara Anak. Mereka juga terkenal memiliki kekuatan fisik yang baik. Berikut adalah rute Sembalun Lawang - Gunung Rinjani.


Sembalun Lawang - Pos 1
Desa Sembalun Lawang berada pada ketinggian sekira 1156 m dpl dan merupakan titik permulaan pendakian ke Gunung Rinjani dan Danau Segara Anak. Di desa ini terdapat Rinjani Information Center (RIC) Sembalun, pusat informasi dan tempat pendaftaran bagi para pendaki. Bagi yang membutuhkan penginapan terdapat  Jarak tempuh normal melewati jalur ini adalah sekira 2 jam. Sepanjang jalur ini, savanna dan kontur jalan setapak yang naik turun serta berliku adalah jalur lintasan yang harus dilalui. Beberapa kali, Anda harus menyeberang jalur lahar dingin.
Pos 1 - Pos 2
Pos 1 atau Pos Pemantauan berada pada ketinggian 1300 m dpl berupa sebuah pondok tanpa lantai yang teletak di tengah daerah padang rumput. Pos ini tidak ada sumber air. Perjalanan dari Pos 1 menuju Pos 2 dapat ditempuh sekira 1 jam. Jalur Pos 1 ke Pos 2 merupakan jalur melintasi padang rumput yang terbuka, beberapa aliran lahar, dan sungai kering; jalanan sudah mulai menanjak.
Pos 2 - Pos 3
Jarak tempuh dari Pos 2 (Pos Tengengean) ke Pos 3 adalah sekira 1 jam perjalanan. Pos ini berada di ketinggian 1500 mdpl. Di pos ini, terdapat fasilitas seperti sumber mata air dan toilet.  
Pos 3 - Plawangan Sembalun
Pos 3 (Pos Pada Balong) terletak pada ketinggian 2000 mdpl. Pos ini biasanya menjadi area kemping bagi  para pendaki. Jalur dari Pos 3 menuju Plawangan Sembalun dapat ditempuh sekira 3,5 jam dengan jalur berupa tanjakan mendaki bukit yang bertingkat seolah tak habis-habisnya. Di jalur ini Anda harus menaklukkan tanjakan bukit sembilan, sebab memang pendaki akan mendaki sembilan bukit untuk sampai di Plawangan Sembalun.
Plawangan Sembalun - Puncak Rinjani
Plawangan berada di ketinggian 2639 mdpl yang merupakan dataran yang cukup luas. Daerah ini cocok untuk mendirikan tenda dan biasa dijadikan tempat bermalam sebelum mencapai puncak Gunung Rinjani keesokan harinya, terlebih lagi dari tempat ini pemandangan ke Danau Segara Anak tampak jelas. Plawangan Sembalun - Puncak Rinjani dapat ditempuh sekira 3 jam melintasi jalur berupa tanjakan-tanjakan yang curam. Terlebih lagi saat mulai mendekati puncak; kontur tanah yang berpasir halus menjadikan jalur ini berdebu dan licin.


TIPS
Pastikan stamina Anda prima sebab jalur mendaki ke Puncak Rinjani cukuplah jauh dan menantang. Selain itu sebaiknya pendakian Anda didampingi pemandu berpengalaman guide dari Rinjani Information Center  (RIC) dan sangat tidak disarankan mendaki tanpa pemandu. Jalur trekking ke Puncak Rinjani biasanya ditutup saat bulan-bulan musim penghujan, yaitu antara Desember-Maret. Hal ini dikarenakan jalur pendakian tentu akan lebih licin dan berbahaya. Kenakan dan bawalah perlengkapan serta peralatan yang kiranya Anda butuhkan selama pendakian, seperti jaket, sepatu yang nyaman untuk mendaki, syal, sleeping bag, makanan dan minuman, obat-obatan, dan lain sebagainya. Untuk sleeping bag, Anda dapat menyewanya di Desa Sembalun.


Taman Nasional Gunung Rinjani
Jl. Arya Banjar Getas, Lingkar Selatan - Ampenan
Lombok Barat, NTB
Telepon & Fax: +62 370660 8874
Email: info@rinjaninationalpark.com
Website: www.rinjaninationalpark.com


TRANSPORTASI
Desa Sembalun Lawang dan Desa Senaru merupakan dua titik permulaan untuk mendaki Gunung Rinjani. Jaarak dari Mataram ke Desa Sembalun Lawang dapat ditempuh dengan kendaraan selama kurang lebih 4 jam perjalanan dari Timur Mataram. Sementara untuk ke Desa Senaru dibutuhkan waktu sekira 3 jam perjalanan dari Utara Mataram. Untuk menuju Sembalun atau Senaru, Anda dapat menyewa mobil dari Mataram dengan tarif sekira Rp300.000,00,-.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar