Rabu, 15 April 2015

Sungai Mahakam, Kalimantan Timur


Sungai Mahakam adalah sungai terbesar di provinsi Kalimantan Timur. Sungai ini mengalir sepanjang 920 km dari Kutai Barat sampai Kutai Kartanegara dan Samarinda. Mahakam sangat penting bagi sebagian besar penduduk di provinsi ini dan beberapa daerah yang hanya dapat diakses melalui sungai. Transportasi barang juga bergantung pada aliran sunga ini.


TRANSPORTASI
Dari bandara Sepinggan di Balikpapan, yang merupakan pintu masuk ke Kalimantan Timur, Anda bisa menggunakan transportasi darat atau udara ke Samarinda. Beberapa pesawat menyediakan rute lokal dari Balikpapan ke Samarinda. Anda juga dapat naik taksi ke Samarinda selama 2,5 sampai 3 jam. Jika Anda menggunakan transportasi darat, Anda akan kagum dengan keindahan sungai Mahakam di daerah yang disebut Samarinda Seberang. Anda dapat melihat kesibukan di sungai di pusat kota Samarinda.


KEGIATAN
Ketika bepergian di sepanjang sungai, Anda akan menemukan berbagai kegiatan hidup yang dilakukan oleh masyarakat lokal yang tinggal di sepanjang pesisir sungai misalnya, pengangkutan barang dan sumber daya alam antar pulau, memancing dan berjualan ikan. Di Samarinda, pesisir sungai Mahakam digunakan sebagai tempat bersantai oleh masyarakat setempat, terutama dari sore hingga malam hari. Pada sore hari, pedagang berderet manis menjual berbagai jenis makanan dan minuman di sepanjang sungai. Warga biasanya menyaksikan matahari tenggelam sambil menikmati jagung bakar, roti dan lain-lain. Pesisir ini akan semakin ramai di malam hari. Pulau Kumala terletak di tengah sungai. Pulau ini adalah obyek wisata terkemuka di Kabupaten Kutai Kartanegara. Anda bisa menikmati menara langit, bumper mobil, mobil wisata dan atraksi lainya.


BERKELILING
Sungai Mahakam mengalir melalui tiga wilayah yaitu Kutai Kartanegara, kabupaten Kutai Barat dan kota Samarinda. Sebagian besar dataranya  hanya dapat diakses oleh ketinting, perahu motor, atau taksi air (kapal). Beberapa daerah di dekat sungai juga dapat diakses melalui angkutan darat. Anda dapat menggunakan kendaraan bermotor untuk bepergian di sepanjang sungai melewati kota Samarinda. Anda juga bisa berjalan di sepanjang pesisir sungai untuk menikmati pemandangan kota.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar