Selasa, 28 April 2015

Kampoeng Kidz, Jawa Timur

  
Sebuah tempat istimewa untuk dikunjungi sebagai tujuan wisata keluarga dan pembelajaran yang menyenangkan khususnya bagi Anak Anda.Kampoeng Kidz berada di Desa Bumiaji,Kota Batu, Jawa Timur, tepatnya di Jalan Pandanrejo No. 1, Bumiaji. Dengan kawasan seluas 10 hektar,di tempat ini selain menyuguhkan suasana segar udara Kota Batu, juga kehangatan dan keceriaan dari penghuni dan pengelolanya. Bukan hanya menjadi tempat belajar dan bermain namun lebih dari itu Anda dapat merasakan suasana kekeluargaan dan wahana pendidikan yang menggugah. Di Kampoeng Kidz akan Anda temui siswa-siswi dari berbagai daerah di Indonesia dengan beragam suku, agama, dan ras. Mereka tinggal di asrama dan bersekolah tanpa dipungut biaya apapun di SMU Selamat Pagi Indonesia (SPI). Sekolah tersebut dilengkapi dengan fasilitas lengkap termasuk lapangan olahraga, asrama,hingga laboratorium lapangan. Siswa berprestasi di seluruh Indonesia berkumpul dan menimba ilmu di SPI. Mereka merupakan wakil dari berbagai pulau atau daerah di Nusantara. Disetiap angkatan SPI minimal ada siswa dengan 5 agama berbeda dan setiap angkatannya dibatasi 30 siswa (laki- laki dan perempuan). Kegiatan belajar di sekolah tersebut terbilang unik dimana setiap jam pelajaran berganti maka tiap kelas berpindah sesuai dengan jadwalnya. Siswa juga tidak diharuskannya berseragam (bahkan tidak diwajibkannya bersepatu dan cukup dengan sandal) kecuali hari Senin untuk upacara dan hari Kamis untuk menghormati Kota Batu. 


Pelajar di sekolah SPI ditanamkan jiwa entrepreneur (karakter wirausaha) sejak dini agar mampu menjadi pengusaha yang mandiri. Di Kampoeng Kidzakan Anda temui warga sekitar yang hidup berdampingan dengan pengelola dan pelajar untuk terlibat dalam berbagai kegiatan ekonomi. Oleh karenanya Kampoeng kids sering disebut juga sebagai “Kampoeng Entrepreneur”.Pembekalan lain yang ditanamkan untuk siswa di SPI adalah  life skill (kecakapan hidup) dan financial planning for kid(penataan keuangan). Kampoeng Kids dibangun tahun 2007 atas prakarsa seorang pengusaha dari Surabaya, yaitu Julianto Eka Putra. Ia membangun tempat tersebut dilatarbelakangi kondisi diskriminasi yang masih terjadi di Indonesia yang mengatasnamakan perbedaan SARA, marjinal society seperti beberapa kasus di Ambon, Aceh, Papua, dan daerah yang sempat mengalami konflik. Saat ini Kampoeng Kids sudah menjadi tujuan wisatawan reguler maupun rombongan yang tidak hanya datang dari kalangan perusahaan melainkan sekolah maupun lembaga. Banyak pengunjung selain menikmati keindahan alam juga berhasrat mengikuti paket kegiatan yang tersedia di sana.


Kampoeng Kidz
Jl. Pandanrejo 1 Bumiaji, Batu, Jawa Timur
Email : kampoengkidz@ yahoo.com
www.kampoengkidz.com
Hotline Service : 08113608800
Marketing & Product Order :
Jakarta : Fitri 08999279279 (f.wita@ yahoo.com)
Surabaya & Malang : Heru 089680700352 (setiabudiheru26@ yahoo.com)


KEGIATAN
Sebagai sebuah kawasan wisata pendidikan akan menarik untuk Anda mengamati bagaimana keseharian di Kampoeng Kidz. Beragam metode dijalankan di sini dengan cara menarik dan menyenangkan bagi semua usia. Tersedia beragam fasilitas yang dapat dinikmati yaitu: expereintal learning activity, camping ground, dan sport activity.Di tempat ini juga sering dipentaskan opera dan tarian oleh pelajar SMU Selamat Pagi Indonesia. Di Kampoeng Kidz, Anda dan keluarga selain menikmati alam yang sejuk juga dapat melakukan beraneka pilihan aktivitas. Beberapa kegiatan menarik tersebut diantararanya adalah:belajar bertani dan berternak, menambang emas, menanam dan memanen hasil kebun, merakit otomotif, hingga mencoba menjadi pengusaha restoran. Di wahana Kitchen Garden biasa digunakan untuk belajar menjadi pengusaha pertanian dengan kegiatan praktek bercocok tanam langsung di lahan pertanian termasuk membajak sawah secara tradisional dengan kerbau. Pengunjung dapat belajar memanen sayur-sayuran seperti jagung, brokoli, terong, tomat, wortel, cabai, selada air, kangkung, sawi, dan lainnya. Di wahana Animal Farm menjadi tempat belajar  menjadi pengusaha peternakan dengan mengenal hewan ternak, seperti merpati, kelinci, ayam, menthok, kambing, dan lainnya. Ada juga Wahana Fishery Zone untuk belajar memahami budidaya ikan sambil memancing. Di Art Gallery Anda dapat melakukan berbagai kegiatan seni kreatif seperti origami, gypsum frame painting, kite painting, melukis, mewarnai,rubber art, dan lainnya. Ada pula Pertambangan Zone untuk kegiatan menambang, mencari, dan mengumpulkan emas. Hasil pembelajaran di wahana-wahana tersebut nantinya dapat dibawa pulang berupa hasil panen, ikan tangkapan, art and craft, snacks, dan lainnya. 


Ada beberapa paket  wisata yang disediakan di Kampoeng Kidzuntuk Anda dan keluarga, diantaranya adalah:One Day Activities Package: Rp25.000,- hingga Rp. 150.000,-/orang; Stay Overnight Package: Rp170.000,- hingga Rp. 175.000,-/orang/malam; Program Package: Rp125.000,-/hari (1 hari = 8 jam) dengan jumlah minimum peserta 30 pax (termasuk games dan entertainment); danOne Family Package: Rp375.000,-/kamar/malam dengan akomodasi di Griya Kampoeng Kidz. Anda juga dapat kemping di kawasan Kampoeng Kidz. Paket tersebut dijual dalam Camping Package seharga Rp150.000,-/orang untuk per hari. Fasilitasnya berupa tenda kemping dan MCK, serta2x makan dan 1x snack. Telah banyak pengunjung yang datang ke Kampoeng Kidz baik itu pribadi hingga akedemisi dari berbagai lembaga pendidikan dan institusi. Mereka ada yang datang untuk berlibur, sekadar menginap, atau tujuan pendidikan dan penelitian. Saat hari biasa, jumlah pengunjung sekira 500 orang dan saat hari libur akhir pekan jumlahnya bisa mencapai 2.000 orang.

KULINER
Di Restaurant Zone selain mencicipi kulinernya juga dapat belajar membuat berbagai macam makanan dan snacks. Beberapa diantaranya adalah membuat jagung bakar mulai dari proses awal pengupasan jagung, pengolesan bumbu, pembakaran, hingga menjadi jagung bakar. Selain itu, ada juga cara membuat crispy mushroom, crispy tofu, crispy corn, es serut, dan lainnya.


TRANSPORTASI
Kampoeng Kidz berlokasi di Jalan Pandanrejo 1 Bumiaji, Batu, Jawa Timur. Kota Batu sendiri terkenal dengan sebutan “Kota Apel” yang letaknya sekira 19 km dari Kota Malang atau jika Anda bertolak dari Surabaya dapat ditempuh dengan perjalanan selama 3 jam.

BERBELANJA
Di Kampoeng Kidz Anda dapat membeli beragam produk unggulan yang dibuat oleh siswa SPI sendiri.Salah satu produk wirausaha Kampoeng Kids adalah coco crunkserta keripik pisang coklat.Datanglah ke  toko cederamata untuk memilih beraneka hasil kerajinan dan oleh-oleh menarik.


TIPS
Untuk berkunjung ke tempat ini adalah pada Sabtu, Minggu, dan Hari Libur Nasional,pukul 09.00 – 17.30 WIB. Apabila Anda ingin menyambangi pada hari biasa (Senin – Jumat) maka perlu membuat janji terlebih dahulu. Kota Batu berada di ketinggian antara 680- 1.700 meter diatas permukaan laut. Oleh karena itu, bisa dibayangkan betapa dinginnya kota tersebut saat malam. Jadi, bawalah baju hangat namun kaos yang nyaman karena justru siangnya bisa jadi panas meski suhu normal berkisar antara 15-19 derajat Celsius.

AKOMODASI
Tersedia penginapan di tempat ini, yaitu di Griya Kampoeng Kidz dengan kamar yang jendela dan pintunya langsung menghadap panorama pegunungan dan lasekap Kota Batu. Paket yang mungkin menarik adalah One Family Packageseharga Rp375.000,-/kamar/malam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar