Kamis, 23 April 2015

Kaliandra, Jawa Timur

  
Pagi hari saat matahari muncul, suara burung becicit cuwit meramaikan suasana damai di Kaliandra. Kaliandra adalah wujud kearifan budaya Jawa dan pendidikan. Sebuah tempat sempurna untuk Anda berkeliling di sekitar alamnya yang indah sambil mengencangkan otot paha. Pagi hari Anda bisa berkeliling komplek Kaliandra, atau turun naik dari Hastinapura ke Bharatapura, melalui jalan berbatu. Pemandangan di sini sangat indah, hijau dengan aneka bunga. Kaliandra adalah lembaga swadaya masyarakat yang berbadan hukum yayasan. Telah berdiri sejak tahun 1997. Kaliandra lahir karena suatu visi mulia yaitu “Terciptanya manusia yang mandiri, berbudaya dan berkelanjutan”. Nama Kaliandra terinspirasi dari pohon Kaliandra (Caliandra calothyrsus) yang dikenal sebagai tanaman perintis, karena kemampuannya bertahan hidup di lahan kritis dan memiliki banyak fungsi. 


Terletak di kaki Gunung Arjuno, Pasuruan, Provinsi Jawa Timur. Secara garis besar Kaliandra terdiri dari dua kampung (istilah Kaliandra dalam menyebut “area”) yaitu Hastinaputra dan Bharataputra. Jika Anda ingin lari dari aktivitas dan kepenatan hidup yang menderu setiap hari, datanglah ke tempat ini karena lingkungan alamnya yang asri, udaranya yang sejuk dan kondisi lingkungannya yang relatif sepi, akomodasi yang artistik, kegiatan berbasis budaya, pelatihan berbasis alam, pertanian organik, dan ekowisata akan siap menemani kunjugan Anda. Dalam menjalankan setiap aktivitasnya, Kaliandra berpijak pada prinsip menjunjung tinggi budaya, ramah lingkungan, gotong royong, partisipasi, kemitraan serta disiplin dan kemandirian. Kaliandra mengembangkan beragam program pelatihan dan fasilitas yang dapat dinikmati oleh para pengunjung, baik lokal maupun internasional. Untuk menunjang operasional sehari-hari, Kaliandra mengembangkan beragam program pendidikan baik bagi para pengunjung maupun penduduk sekitar. Hampir 80% karyawan Kaliandra adalah peduduk setempat.


TRANSPORTASI
Kaliandra terletak di Provinsi Jawa Timur, jika Anda dari Jakarta, bisa mengunakan Garuda Indonesia, Indonesia Air Asia, Batavia Air, lion Air, Sriwijaya Air, Mandala Air dan Citilink yang menuju bandara Internasional Juanda di Sidoarjo. Jika Anda tiba di Bandara Juanda, Surabaya atau Malang, pihak Kaliandra dapat mengatur penjemputan untuk  Anda dari  bandara ke Kaliandra. Silahkan hubungi staff Kaliandra untuk pengaturan tersebut. Dari Surabaya Anda bisa menggunakan Kendaraan umum menuju Malang. Turun di Pasar Palang. Teruskan perjalanan dengan menggunakan ojek ke Kaliandra. Dengan kendaraan pribadi perjalanan dari  Malang dengan menggunakan By pass Pandaan. 1km setelahnya Anda akan tiba di persimpangan. Belok kanan, ke arah Villa Hortensia dan kemudian ikuti papan masuk  yang menunjukkan arah ke Kaliandra. Kaliandra terletak di dekat Taman Safari. Dengan kendaraan pribadi perjalanan lurus ke arah Surabaya, ke arah Pandaan. Ketika Anda tiba di Pasar Palang, belok ke kiri ke arah pintu gerbang Taman Safari. Setelah sampai  pintu masuk ke-2 ke Taman Safari yang dilambangkan dengan  dua gading gajah berwarna putih besar, belok kanan dan ikuti papan petunjuk menuju Kaliandra. Dari malang Anda dapat menggunakanlah bus menujuSurabaya. Turun di Pasar Palang. Teruskan perjalanan dengan menggunakan ojek ke Kaliandra.


KULINER
Kaliandra mempunyai dua tempat makan yang disebut griya daharyang terletak pada komplek Hastinapura bernama Griya Dahar Sembadra, dan satunya berada di area Mahameru. Masing-masing lokasi mempunyai keistimewaan masing-masing. Griya Dahar Sembadra mempunyai pemandangan bebas dari puncak gunung Arjuna, sedangkan rumah makan Mahameru dikelilingi oleh berbagai tanaman hias yang merupakan khas dari Yayasan Kaliandra Sejati. Di Kaliandra, Anda akan dihidangkan menu makan sehat tanpa penyedap rasa. Untuk kudapan, itu dibuat oleh penduduk sekitar Kaliandra. Tak kalah nikmat, minumannya beraneka rasa. Mulai dari teh secang, teh teragon campuran madu dengan jeruk nipis serta daun teragon, juga ada bandrek. Saat Anda menginap di Kaliandra, cicipilah gurame goreng bumbu rujak juga sambel nangka.


KEGIATAN
Program-program kegiatan yang beragam di Kaliandra pasti akan menarik perhatian dan rasa ingin tahu Anda, antara lain:
Program Sosial Budaya
Program Sosial Budaya mengajak Anda mengenal lebih dekat warisan budaya Jawa dan kehidupan sosial masyarakatnya.
Program Pendidikan Alam
Program kegitan ini mengangkat topik perubahan iklim dan pemanasan global sebagai materi utama disetiap program pendidikan alam.
Program Pelatihan dan Pengembangan SDM 
Setiap orang memiliki potensi untuk menjadi pemimpin. Potensi tersebut dapat dikembangkan dan dimunculkan melalui pelatihan yang ditawarkan oleh Kaliandra ini.
Program Ekowisata 
Anda dapat merasakan perpaduan pelatihan budaya mulai dari gamelan, batik, hingga wayang. Juga ada perjalanan ke situs sejarah serta daerah wisata lain.
Paket Rope Course
Dengan alat berstandar keamanan Internasional, Kaliandra menyediakan 3 level paketRope Course.


BERKELILING
Berkeliling di sekitar Kaliandra paling tepat dengan berjalan kaki, selain membuat Anda bugar, juga bisa menikmati alam dan bercengkraman dengan penduduk lokal dalam intimasi yang erat.


AKOMODASI
Di sini Anda akan melihat bagaimana rumah dengan arsitektur jawa melengkapi semua villa di Kaliandra. Pintu, jendela dan kursi, betul-betul mencerminkan kebudayaan Jawa  dengan penataan yang asri. Akomodasi di Kaliandra terdiri di dua lokasi yang berbeda yaitu di Hastinapura dan Bharatapura.  Nama yang digunakan untuk setiap kamar di Kaliandra menggunakan nama-nama gunung di Jawa, ada Welirang, Tengger, Ijen dan Arjuno. Ada yang empat kamar, dengan ruang tamu, juga dormitori. Di Hastinapura terdiri 5 bungalow dengan king size bed, twin sharing untuk kelompok keluarga sebanyak 6 orang. Hastinapura di paling atas, dilengkapi dengan restoran Roro Ireng dan ruang meeting Parikesit. Di komplek Hastinapura ini, ada lima villa, yaitu Nakula, Sadewa, Bima, Arjuna. Ruang tidur di lantai I, adalah tiga tempat tidur berjejer, rapat dengan dinding kayu. 


Dilengkapi dengan kelambu dan lampur pijar redup, begitu kelambu diturunkan, lampu menyala, romantis. Di lantai II villa Hastinapura, ada tempat tidur king size, tempat tidur kayu, dengan kasur empuk. Lengkap dengan kelambu dan perabotan dari kayu. Dindingnya berjendela, begitu matahari terbit, bukalah jendelanya maka sinarnya akan menghangatkan tempat tidur. Komplek penginapan di bagian bawah adalah Bharatapura, terdiri 5 kamar dengan king size dan twin bed, 2 cottage yang ideal untuk keluarga besar dengan kapasitas 12 orang atau sampai 15 orang dan 2 cottage bergaya asrama untuk kelompok besar dengan kapasitas sampai dengan 70 orang. Tersedia juga homestay terdiri dari 19 rumah dengan kapasitas masing-masing 2 orang dan Villa Leduk yang mewah bergaya Palladian dengan 3 kamar dan sebuah kamar di ”Orangery” dekat kolam renang. Fasilitas lainya adalah ruang rapat dan konferensi, restoran dan santapan, pemandian bergaya majapahit serta layanan pijat, yoga dan aerobic.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar